-->

KEGUNAAN KAIDAH FIKIH

KEGUNAAN KAIDAH FIKIH

FIKIH | Asy-syatibi pernah mengatakan bahwa:
“dengan mengetahui kaida-kaidah fikih kita tahu hakikat dari fikih, objek bahasan fikih, cara pengambilan fikih dan rahasia-rahasia fikih.

Ar-ruki mengatakan:
Sesungguhnya kaidah-kaidah fikih itu menggambarkan nilai-nilai fikih, kebaikan dan keutamaan serta intinya. Dari bentuk dan uraian tentang kaidah fikih menampakkan pola piker fikih Islam yang sangat luas dan mendalam dan tampak pula kekuatan filosofinya yang rasional serta kemampuannya dalam mengumpulkan fikih dan mengembalikan pada akarnya.

Mengetahui kegunaan  kaidah fikih merupakan hal yang penting diketahui oleh para santri dan Mahasiswa perguruan tinggi Islam, supaya tahu apa kegunaan dari kaidah-kaidah yang sudah dipelajari.

Setidaknya ada enam kegunaan kaidah fikih yang harus diketahui, yaitu:
1.     Dengan mengetahi kaidah fikih kita akan mengetahui asas-asas umum fikih. Sebab kaidah-kaidah fikih itu berkaitan dengan materi fikih yang banyak sekali jumlahnya. Sehingga kita akan menumukan titik temu dari masalah-masalah fikih.
2.     Dengan memperhatikan kaidah fikih kita lebih mudah menetapkan hukum bagi masalah-masalah yang dihadapi, yaitu dengan memasukkan masalah tadi kepada salah satu kaidah fikih yang ada.
3.     Dengan kaidah fikih akan lebih arifdalam menerapkan fikih dalam waktu dan tempat yang berbeda untuk untuk keadaan dan adat kebiasaan yang berlainan.
4.     Dengan menguasai kaidah fikih, bisa memberikan jalan keluar dari berbagai perbedaan pendapat dikalangan ulama.
5.     Akan mengetahui rahasia-rahasia dan semangat hukum Islam yang tersimpul dalam kaidah fikih
6.     Akan menambah keluasan Ilmu tentang masalah Islam. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel