-->

Nama-nama pemimpin dan pahlawan pada masa awal Islam (1)

SUDUT HUKUM | Nama-nama pemimpin dan pahlawan pada masa awal Islam .

Yang dimulai dengan huruf A


Abdullah ibn abdul muthallib, merupakan ayah dari nabi Muhammad SAW.

Abdullah ibn zubair, adalah yang menganjurkan pemberontakan di Hijaz, beliau dibunuh oleh  lascar jahid dikarbala setelah Husein ibn Ali meninggal.

Abdullah ibn sa’ad, gubernur mesir  pada masa khalifah Usman. Beliau adalah panglima ketika memukul mundur pasukan Roma yang datang menyerang kota Iskandariyah pada tahun 31 H, pada saat itu pasukan Roma dipimpin oleh Kaisar Konstantine. Abdullah ibn Saad juga dikenal sebagai penakluk eropa, dan panglima angkatan perang Islam yang menyerang negeri Nubia.

Abdul Malik ibn Marwan (65-86 H), beliau adalah khalifah bani umayyah yang kelima, beliau adalah pemimpin yang bijaksana. Selama 7 tahun ia memerangi pemberontak-pemberontak yang ada dalam negeri, sehingga beliau juga dijuluki sebagai pendiri yang kedua bani umayyah.

Abdullah ibn Al-Abbasy, panglima dari kerajaan abbasiah yang memerangi tentara Marwan ibn Muhammad dalam pertempuran ditepi sungai zaad.

Abdullah abul abbas assaffah, beliau adalah khalifah abbasiayah yang pertama (132-136 H)

Abdurrahman al ghafiky, panglima umayyah dizaman hisyam.  Beliau meninggal dalam pertempuran dekat poiters dengan lascar prancis dibawah pimpinan Karel Martel.

Abdurrahman putra Muawiyah Ibn hisyam, pahlawan dan pendiri daulah umayyah di andalus dizaman khalifah Mansur al abasy. Dia memerintah dari tahun 138- 172 H.

Abu thalib, paman dan pembela nabi Muhammad, ayah dari Ali r.a.

Abu Bakar siddiq, beliau adalah sahabat nabi yang utama, orang yang pertama kali masuk Islam, mertua nabi, dan khalifah yang pertama dari khulafaur rasyidin (11-13 H)

Abu Sofyan ibn harb, panglima perang kuraisy dalam perang badar pada tahun 2 H. beliau adalah ayah dari khalifah muawiyah 1.

Abu Musa Al-Asyary, ketua delegasi khalifah Ali dalam perundingan majelis tahkim.

Bersambung…………………….. (klik disini)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel