-->

Pengertian Shalat ‘Id


SUDUT HUKUM | Shalat menurut bahasa berarti “do’a “,1dalam pengertian bahasa arab ialah “do’a memohon kebajikan dan pujian”,2 sebagaimana firman Allah SWT :
Artinya : “Dan bershalatlah untuk mereka (berdo’alah untuk mereka) karena sesungguhnya shalatmu (do’amu) itu, menenangkan dan menentramkan mereka” (Q.S. At-Taubah : 103)


SUDUT HUKUMAdapun shalat menurut syara’ ialah : ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, dengan beberapa syarat tertentu.


Sedangkan arti shalat yang melengkapi bentuk, hakikat dan jiwa shalat itu sendiri adalah berhadap jiwa kepada Allah SWT yang mendatangkan rasa takut, yang menumbuhkan rasa kebebasan dan kekuasaan-Nya dengan khusyu’ dan ikhlas didalam beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan disudahi dengan salam.


Kata “ عيد ” menurut bahasa berasal dari kata “ عود ” yang berarti kembali, karena ia kembali setiap tahun. Atau kegembiraan yang selalu kembali dengan kembalinya ‘Id atau hari raya, atau karena banyaknya anugerah pada hari raya tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel