-->

Islam

Islam secaca etimologi (bahasa) berarti tunduk, patuh, atau berserah diri. Sedangkan Islam secara terminologis (istilah, maknawi) dapat dikatakan Islam adalah agama wahyu berintikan tauhid atau ke-Esaan Allah yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya yang terakhir dan berlaku bagi seluruh manusia, ajarannya meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Terminologi Islam secara bahasa (lafaz) memiliki beberapa makna. Makna-makna tersebut ada kaitannya dengan sumber kata dari Islam. Islam terdiri dari huruf dasar (dalam bahasa Arab): “Sin, Lam, dan Mim”.

Beberapa kata dalam bahasa Arab yang memiliki huruf dasar yang sama dengan Islam, memiliki kaitan makna dengan Islam. Jadi, makna-makna Islam secara bahasa antara lain: Al istislam (berserah diri), As salamah (suci bersih), As Salam (selamat dan sejahtera), As Silmu (perdamaian) dan Sullam (tangga, bertahap) (Jamal, 2011:287).

Apabila Islam dimutlakkan berada pada dua pengertian: pertama, apabila disebutkan sendiri tanpa diiringi dengan iman, maka pengertian Islam mencakup seluruh agama, baik ushul (pokok) maupun furu‟ (cabang), juga masalah seluruh aqidah, ibadah, keyakinan, perkataan dan perbuatan. Jadi pengertian ini, menunjukkan bahwa Islam adalah mengakui dengan lisan, menyakini dengan sepenuh hati dan berserah diri kepada Allah atas semua yang telah ditentukan dan ditakdirkan. Kedua, apabila kata Islam disebutkan bersamaan dengan kata iman, maka yang dimaksud Islam adalah perkataan dan amal-amal lahiriyah yang dengannya terjaga diri dari hartanya, baik menyakini Islam atau tidak (Irwan, 2014:160).

Prinsip agama Islam yang wajib diketahui dan diamalkan oleh setiap muslim ada tiga yaitu: Mengenal Allah, mengenal agama Islam berserta dalil-dalilnya dan mengenal nabi-Nya yaitu nabi Muhammad SAW. Mengenal agama Islam adalah landasan dari prinsip agama Islam yang terdapat tiga tingkatan yaitu Islam, Iman dan Ihsan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel