Fardlu – Fardlu Wudlu, Pertama Niat (1)
Wednesday, 24 December 2014
Sebagaimana kita temukan dalam kitab-kitab fiqh
syafiiyah, fardlu wudlu ada enam: (1) Niat, (2) membasuh muka, (3) Membasuh Dua
tangan, (4) Mengusap sebahagian kepala, (5) membasuh dua kaki , (6) Tertib.
Maka pada posting kali ini kita akan melihat fardlu wudlu yang pertama yaitu niat. Dalam kitab fathhul muin dikatakan:
(وفروضه ستة) أحدها: (نية) وضوء أو أداء (فرض وضوء) أو رفع حدث لغير دائم حدث، حتى في الوضوء المجدد أو الطهارة عنه، أو الطهارة لنحو الصلاة، مما لا يباح إلا بالوضوء، أو استباحة مفتقر إلى وضوء كالصلاة ومس المصحف.
Fardlu wudlu ada 6, yang pertama niat: yaitu niat
berwudlu atau menunaikan fardlu wudlu, atau menghilangkan hadas (bagi selain daim
hads)-sekalipun dalam wudlu yang baru-, atau niat bersuci dari hadas, atau
bersuci untuk melakukan ibadah shalat, yaitu yang boleh dilakukan hanya dengan wudlu, atau niat memperoleh wewenang
dalam melakukan ibadah yang perlu dengan wudlu, seperti halnya shalat dan
menyentuh mashaf.
ولا تكفي نية استباحة ما يندب له الوضوء، كقراءة القرآن أو الحديث، وكدخول مسجد وزيارة قبر.
والاصل في وجوب النية خبر، إنما الاعمال بالنيات.
أي إنما صحتها لاكمالها.
Dalam berwudlu, tidak cukup dengan berniat untuk
memperoleh wewenang untuk melakukan ibadah yang sunnah seperti membaca quran
dan hadis, masuk mesjid dan ziarah kubur.
Dalil tetnag kewajiban wudlu adalah hadis:
إنما الاعمال بالنيات
Yang dimaksudkan adalah sahnya amal, bukan sempurnanya
amal.
ويجب قرنها (عند) أول (غسل) جزء من (وجه)، فلو قرنها بأثنائه كفى ووجب إعادة غسل ما سبقها.
Niat wajib kita lakukan pada saat awal kita membasuh
bagian muka, boleh juga ditengah membasuh muka, namun wajib diulangi basuhan
yang dibasuh sebelum niat.
ولا يكفي قرنها بما قبله حيث لم يستصحبها إلى غسل شئ منه، وما قارنها هو أوله، فتفوت سنة المضمضة إن انغسل معها شئ من الوجه - كحمرة الشفة - بعد النية فالاولى أن يفرق النية بأن ينوي عند كل من غسل الكفين والمضمضة والاستنشاق سنة الوضوء، ثم فرض الوضوء عند غسل الوجه، حتى لا تفوت فضيلة استصحاب النية من أوله.
وفضيلة المضمضة والاستنشاق مع انغسال حمرة الشفة.
Tidak boleh berniat sebelum membasuh muka, sekira tidak mungkin mempersamakannya dengan sebahagian dari basuhan itu. Hanya basuhan
yang dibarengi dengan niat yang dihitung basuhan yang pertama. Maka lepaslah
kesunnahan berkumur walaupun dapat juga terbasuh sebagian wajah saat berkumur
seperti bibi – setelah niat.
Yang utama hendaklah dipisahkan niat, dengan cara
berniat sunnah wudlu disaat membasuh tangan, berkumur dan memasukakan air dalam
hidung, lalu niat fardhu wudlu ketika membasuh muka. Dengan demikian kita tidak
terlepas dari fadhilah sunnah secara bersambung mulai dari awal wudlu, berkumur
, memasukkan air dalam hidung serta membasuh bibir luar.